2/02/2016

PENGERTIAN GAS ALAM

Gas alam terbentuk dari berbagai macam hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang telah mati dan tertimbun di dalam lapisan tanah dengan rentan waktu yang cukup lama, ditambah dengan adanya tekanan dan temperatur yang tinggi di dalam lapisan bumi membuat ikatan karbon pada timbunan organik tersebut terlepas, sehingga berubah menjadi gelembung-gelembung gas.

Sering juga ditemui kandungan gas dan minyak bumi terdapat dalam satu ladang pengeboran yang sama, itu disebabkan semakin dalambya deposit tertimbun, maka semakin tinggi juga temperatunrya dalam lapisan bumi, biasanya pada temperatur yang tidak terlalu tinggi, akan mengandung minyak bumi yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan gas bumi, begitupun dengan sebaliknya, kandungan gasnya akan lebih banyak jika temperatur lapisannya lebih tinggi.

Pengertian Gas Alam

Gas Alam dan Penggunaanya- image.jpegGas alam merupakan bahan bakar fosil yang terbentuk secara alami, gas alam merupakan campuran yang mudah terbakar serta tersusun dari gas-gas hidrokarbon yang dalam kondisi temperatur dan tekanan atmosfir akan berbentuk fase gas. Komposisi utama pada gas bumi ialah gas metana (CH4) yang merupakan molekul hidrokarbon dengan rantai terpendek dan teringan, selain metana, terdapat juga kandungan hidrokarbon yang lebih berat seperti propana (C3H8), butana (C4H10), etana (C2H6), serta gas-gas yang mengandung sulfur. Gas alam biasanya ditemukan pada lokasi tempat pengeboran minyak bumi, tambang batu bara serta ladang gas itu sendiri.

Pemanfaatan Gas Alam

Pemanfaatan gas bumi sebagai sumber energi pada zaman sekarang, sudah banyak digunakan oleh berbagi macam sektor, dikarenakan karakteristiknya yang aman, bersih dan efisien. Pada keadaan murni, karakteristik lain dari minyak bumi yaitu tidak berbau, tidak berbentuk dan tidak berwarna sehingga lebih efisien dibandingkan dengan bahan bakar fosil lainnya, misalnya saja minyak bumi dan batu bara, karena gas bumi menghasilkan pembakaran yang sempurna (clean burning) sehingga hampir tidak menghasilkan emisi buangan yang dapat merusak lingkungan. 

Terdapat berbagi macam sektor yang memanfaatkan gas bumi seperti bahan bakar pembangkit listrik, bahan bakar industri dan tentunya bahan bakar untuk kendaraan bermotor. Selain sebagai bahan bakar, gas alam juga digunakan sebagai bahan baku produksi, misalnya bahan baku methanol, petrokimia, pabrik pupuk dan bahan baku plastik serta sebagai komuditas expor untuk pendapatan negara contohnya saja LNG (Liquid Natural Gas).

Karena gas alam terbentuk secara alami dan memerlukan waktu yang lama, maka gas alam digolongkan dalam sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber : Buku Pintar Migas

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Buat Sobat Semua Telah Berkunjung Di Blog Ini, Semoga Artikel Dalam Blog Ini Bisa Bermanfaat, Jika Ada Kesalahan Dalam Penulisan Artikel Maupun Kerusakan Dalam Beberapa Link, Mohon Disampaikan Lewat Kotak Komentar.

Atas Kerjasamanya Admin Mengucapkan Terimakasih.
----Demmy Saputra----